Selamat Datang di Website Resmi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) PEMERINTAH PROVINSI BANTEN
Rabu, 29 Juli 2015 - 15:21:24 WIB
BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN JARINGAN DOKUMENTASI DAN INFORMASI HUKUM PROVINSI BANTEN TAHUN 2015
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Dokumentasi & Informasi Hukum - Dibaca: 1040 kali

     Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Provinsi Banten Tahun 2015 yang diselenggaran di Hotel Cilegon City pada tanggal 16 Juni 2015 melibatkan peserta dari bagian hukum Kabupaten/Kota dan Sekretariat DPRD Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten, Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Banten, Sekretariat DPRD Provinsi Banten, Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi Banten, dibuka oleh a.n. Sekretaris Daerah Asisten Daerah Tata Praja Provinsi Banten, pada dasarnya beliau mengamanatkan kepada seluruh peserta bimbingan teknis untuk :


1.Menjalin kerjasama yang efektif dalam rangka pengembangan jaringan antara Pemerintah Provinsi sebagai pusat JDIH di daerah dengan anggota jaringan di Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten;
2. Mewujudkan suatu sistem bersama yang memenuhi standar pelayanan bagi akses terhadap dokumentasi dan informasi hukum yang ada;
3. Meningkatkan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia aparatur pengelola JDIH sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2013 tentang Standarisasi Pengelolaan Teknis Dokumentasi dan Informasi Hukum.
        Dilanjutkan dengan materi dari BPHN selaku narasumber Ibu Nandi Widyani, S.H., M.H. beliau memberikan tentang Kebijakan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pengelolaan Dokumentasi Hukum, yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara narasumber dengan peserta.
Narasumber yang kedua yaitu Bapak Pularjono, S.Sos.,M.Si memberikan materi tentang “Peraturan Menteri Hukum Dan HAM RI Nomor 02 Tahun 2013 Tentang Standardisasi Pengelolaan Teknis Dokumentasi Dan Informasi Hukum”.
       Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Provinsi Banten Tahun 2015 berdampak positif terhadap perkembnagan informasi serta untuk menjamin terciptanya pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum yang terpadu dan terintegrasi di berbagai instansi pemerintah dan institusi lainnya, menjamin ketersediaan dokumentasi dan informasi hukum yang lengkap dan akurat juga dapat diakses secara cepat dan mudah serta meningkatkan kualitas pembangunan hukum nasional dan pelayanan kepada publik sebagai salah satu wujud ketatapemerintahan yang baik, transparan, efektif, efisien, dan bertanggung jawab serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.