• birohukum@bantenprov.go.id
  • +62 822-9889-9098

Biro Hukum menghadiri rapat evaluasi dan persiapan penyusunan Indek Reformasi Hukum Tahun 2024

Biro Hukum menghadiri rapat evaluasi dan persiapan penyusunan Indek Reformasi Hukum Tahun 2024

  • Administrator
  • 07 Februari 2024 18:21:17

Biro Hukum menghadiri rapat evaluasi dan persiapan penyusunan Indek Reformasi Hukum Tahun 2024 pada hari Selasa tanggal 6 Februari 2024 bertempat di Aula Kantor Wilayah Hukum dan HAM Banten, rapat dipimpin dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Bpk Dodot Adikoeswanto, beserta Kadiv, dan Kabid Hukum dan Kabid Hukum dan HAM, serta perancang Perundang-Undangan dan pelaksana lainnya.

Peserta dari seluruh Bagian Hukum Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Biro Hukum Provinsi Banten.

Dalam rapat ini, pemerintah provinsi Banten diminta untuk berbagi tips dan strategi dalam menyusun IRH yang berhasil meraih nilai 97.64 dengan kategori AA (istimewa).

Kepala Bagian Peruuan, Akhmad Syaefullah sebagai yang ditugaskan menghadiri rapat tersebut, menyampaikan 4 (empat) tips yang mendasar dilakukan oleh pemerintah daerah agar maksimal dalam melaksanakan tugas, yaitu;

1. Komitmen, merupakan modal utama dalam kunci keberhasilan, komitmen ini mulai dari pegawai pejabat fungsional, administrator dan pimpinan tinggi pratama memiliki keinginan yang sama dalam mewujudkan reformasi hukum, diantaranya adanya komitmen dalam memenuhi fungsional perancang dan analisis hukum dan komitmen mengikuti pelatihan serta pengajuan pembentukan perda dan perkada sesuai peruuan yang berlaku. Dan yang juga penting adalah alokasi anggaran nya.

2. Menyusun, membuat dan melakukan evaluasi produk hukum daerah dengan dilengkapi administrasinya meskipun tidak memiliki anggaran/kegiatan. Hal ini bertujuan untuk tidak hanya mengerjakan hal-hal rutin di biro hukum namun perlu adanya inovasi dan penataan pada regulasi produk hukum daerah. 

3. Bekerja dengan tim yang solid dan saling melengkapi, dalam menyiapkan data dukung yang dibutuhkan;dan

4. Meningkatkan keberadaan JDIH sebagai layanan informasi hukum dan layanan lainnya, yang akan membantu dalam aspek mendapatkan penilaian utk IRH.